Beautiful and Healthy Place

Beautiful and Healthy Place
In Devonport Village-New Zealand

Jumat, 16 September 2011

WELCOME TO BUMI NYIUR MELAMBAI series



KLAPERTART
(KUE TRADISIONAL MANADO YANG ADUHAI)



Suatu saat dalam liburan akhir tahun bersama keluarga di Jakarta  Ketika makan malam bersama di bilangan apartemen Mediterania Kemayoran, datanglah seorang penjaja makanan.  Anak remaja laki-laki itu menawarkan kue Manado yang terkenal dengan sebutan klapertart.  Kue yang dikemas dalam wadah aluminium mungil ini terlihat cantik dan menarik.  Terkesan mahal karena harganya Rp. 7.000 per buah.  Sehingga saya hanya membeli dua buah saja.  Namun setelah saya cicipi… wow! luar biasa lezat loh..padahal awalnya saya enggan membelinya.  Sesaat saya berusaha mencari penjaja makanan itu hendak membeli lagi.  Alhasil tak nampak lagi batang hidungnya. 

Pucuk dicinta ulam tiba.  Di Manado ini, pada suatu event Olimpiade Sains Nasional ke-X 2011, saya teringat makanan klapertart itu.  Maka suatu malam saya berjalan-jalan di pusat perbelanjaan Hypermart Menado Trade Centre, jajanan tradisional klapertart ada di situ.  Dipajang dalam box makanan dingin.  Saya membeli porsi kecil seharga @Rp 9.000.  Saya pun menikmati kembali makanan ala Belanda yang luar biasa lezat ini.

Apa aja sih yang terkandung dalam kue klapertart yang harganya lumayan mahal ini?  Ukuran diameter 20 cm saja, satu loyang sekitar seratus ribu rupiah.  Bahan dasarnya adalah air, tepung maizena, susu cair, daging kelapa, kenari, kismis, gula pasir, garam, vanili, dan serbuk kayu manis.  Bahan tambahan boleh coklat, keju, strawberry dll.
Cara membuatnya pun simple.  Intinya hanya mencampur bahan air, susu kental manis, garam, dan vanila lalu dididihkan di atas api.  Setelah itu dicampurkan tepung maizana yang telah diaduk dengan air.  Adonan diaduk terus hingga mengkilat.  Lalu angkat.  Masukkan potongan daging kelapa, kenari dan kismis.  Aduk lagi.  Masukkan dalam mangkuk aluminium.  Taburi dengan bubuk kayu manis.  Panggang dalam oven 150o C selama 15 menit saja. Angkat dan dinginkan dalam lemari es.  Siap disantap.  Mudah bukan?  Bubuk kayu manis yang ditaburkan akan menambah citarasa atau flavour serta memberi efek menghangatkan badan.  Di samping itu serbuk kayu manis bersifat antimikroba sehingga dapat berguna sebagai pengawet alami.  Antidiabetes, antihiperkolesterolemia juga terdapat dalam serbuk kayu manis yang dalam bahasa Inggris disebut cinnamon ini. 

Makanya kalau ke Manado, rugi banget gak nyobain kue yang superlezat ini.  Sangat cocok dibawa sebagai oleh-oleh.  Kue ini bisa tahan 3 hari di luar kulkas sementara dalam kulkas bisa disimpan selama 6 hari.  So, try klapertart please…!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar