Beautiful and Healthy Place

Beautiful and Healthy Place
In Devonport Village-New Zealand

Rabu, 14 September 2011

WELCOME TO BUMI NYIUR MELAMBAI

TINUTUAN
(BUBUR KHAS MANADO)






Manado, 13 September 2011.  Sesampai saya di Bumi Nyiur Melambai ini, yang ada di pikiran saya salah satunya adalah jangan sampai kehilangan moment menikmati bubur Manado.  Memang kota Manado terkenal dengan icon 4 B nya (Boulevard, Bunaken, Bubur, dan Bibir) Manado.  Semua harus dicoba asal jangan yang terakhir. Bibir Manado. Heeee.. ingat selalu ada Tuhan di sekitar kita jo!

Sekitar pukul 19.00 WIB saya bersama teman berjalan-jalan menikmati udara malam kota Manado sambil cari makan malam.  Kami naik oplet bertuliskan kode kota DB.  Kami pun tiba di Hypermart kompleks Mega Mall Plaza.  Wow keren juga.  Pusat perbelanjaan ini cukup luas, lebar, besar, gak kalah dengan Pusat Perbelanjaan di Jakarta.  Karena teman saya hendak membeli obat batuk maka kami masuk ke hypermart.  Ternyata di sini dijual aneka masakan matang siap saji.  Salah satunya Tinutuan!  Pucuk dicinta ulam tiba.  “Kenapa mesti cari jauh-jauh ya, “ pikirku.  Akhirnya kami pun memutuskan untuk menikmati bubur Manado alias tinutuan.  Dalam bahasa Manado nya, tinutuan berarti sayuran.  Seporsi sepuluh ribu jo!
“Mahal banget!” pikirku.  Uang bisa dicari tapi moment sulit diulangi.  Jangan sampai ketinggalan moment penting. 

Apa uniknya bubur Manado ini? Saya pun mengamati cara memasaknya.  Mula-mula air direbus hingga mendidih lalu dimasukkan sayuran kangkung dan bayam segar beserta tahu putih.  Setelah mendidih barulah dimasukkan bubur yang telah matang ke dalam campuran sayuran tadi.  Wow! Ternyata bubur Manado berwarna kuning karena dicampur dengan labu kuning yang disebut sambigi dan jagung pipilan atau milu dalam bahasa Manado nya.  Disajikan dengan sambal lezat dan tahu goreng.  Agar lebih lezat dan gurih bisa saja ditambahkan ikan asin atau ikan cakalang.

Bagi yang vegetarian memang sangat dianjurkan makan bubur seperti ini karena sarat dengan sayuran hijau sesuai dengan namanya tinutuan. Sayuran.  Dijamin gak nyesel deh!  Kandungan beta karoten dari sayuran dan labunya sangat sehat dikonsumsi.   Antioksidan jo! Selain itu, ikan nya memberi asupan protein yang tinggi.  Agar lebih kenyang, kadang bubur ini dicampur dengan sedikit mie.  Jadi apalagi.  Bubur Manado mudah cara membuatnya dan luar biasa sehat.  Boleh coba di rumah. Apalagi bagi para ibu yang memiliki anak kecil.  Itung-itung membiasakan anak menyukai sayuran.  Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar